FORGOT YOUR DETAILS?

Daftar Istilah penting di website

by / Thursday, 28 May 2015 / Published in Tutorial

Bagi anda yang masih pemula, tentu akan sangat asing dengan istilah-istilah yang ada di website, terkhusus bagi anda yang telah memulai memiliki website sendiri dengan hosting premium. Namun saat ini kami akan bantu mengenalkan istilah-istilah tersebut dalam rangkuman tulisan dibawah ini:Daftar Istilah penting di website

1. Bandwidth

Bandwidth sering disebut juga sebagai data transfer atau site trafic. Bandwidth merupakan konsep penghitungan konsumsi data dalam sistem telekomunikasi. Atau dengan kata lain, bandwith adalah jumlah data yang keluar masuk pada akun internet Anda.
Bandwidth biasanya dihitung dalam satuan bit per detik (disingkat menjadi bps).

Semakin besar nilai bandwitdh pada jaringan internet yang Anda gunakan, maka semakin meningkat pula kecepatan transfer data yang bisa Anda lakukan melalui internet. Nilai bandwidth yang besar saat ini sering menjadi suatu daya tarik dalam persaingan antar provider penyedia layanan internet.

2. HTTP

HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) adalah suatu bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat halaman web dan mencantumkan beragam informasi dalam browser #internet. HTTP mengatur berbagai aksi yang harus dilakukan oleh web server dan web browser.

Jadi, ketika kita mengetikkan URL pada browser, saat itu browser akan mengirimkan perintah HTTP pada web server. Perintah inilah yang kemudian diterima oleh web server dan diterjemahkan sebagai tampilan website atau blog pada browser yang kita gunakan.

3. DNS

Domain Name System (DNS) adalah sistem yang digunakan untuk menyimpan informasi tentang host atau domainmelalui jaringan yang menggunakan TCP/IP (Transmission Control Protocol/ Internet Protocol).

DNS ditemukan oleh Paul Mockapetris pada tahun 1983. Secara analogi, DNS dapat diibaratkan seperti buku telepon yang menyimpan data mengenai semua nama komputer yang terhubung dengan jaringan internet. Ketika anda ingin menghubungkan koneksi komputer dengan internet, DNS server akan melakukan pengecekan mengenap IP address yang anda minta sehingga komputer anda dapat terhubung dengan komputer lainnya melalui internet.

4. Wi-fi

Wi-Fi adalah singkatan dari kata wireless fidelity yang dapat didefinisikan sebagai sekumpulan standar yang memanfaatkan seperangkat alat elektronik untuk melakukan pertukaran data secara nirkabel (tanpa kabel).

Penggunaan istilah Wi-Fi sendiri mulai diperkenalkan pada tahun 1999 untuk menggantikan kata Hi-Fi (high fidelity).
Teknologi Wi-Fi sebagai fasilitas akses internet dikembangkan oleh sekelompok Insinyur dari Amerika Serikat yang bekerja di Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE).

Secara garis besar, terdapat 2 jenis Wi-Fi untuk cakupan luas wilayah ang berbeda, yakni WLAN (Wireless Local Area Network) yang menggunakan frekuensi sebesar 2.4 GHz dan WMAN (Wireless Metropolitan Area Network) dengan cakupan wilayah jangkauan yang lebih luas dan menggunakan frekuensi sebesar 5GHz.

Untuk membuat suatu sistem wireless, dibutuhkan 3 komponen penting yakni :

  • Sinyal radio
  • Format data yang sama
  • Struktur jaringan (network)

5. Broadband

Broadband adalah suatu proses pengiriman dan penerimaan data dengan perantaraan sistem jaringan telekomunikasi berkecepatan tinggi. Istilah broadband biasanya digunakan untuk menyebut kecepatan internet yang berkisar antara 256 kbps hingga 1000mbps yang terhubung dengan perangkat yang digunakan oleh pengguna internet.

Prinsip kerja broadband adalah melakukan proses transmisi data dan mengubah berbagai bentuk data ke dalam satuan bit yang akan dikirimkan kepada anda melalui internet. Saat ini anda dapat menggunakan fasilitas broadband melalui perantaraan kabel telepon atau perangkat nirkabel di rumah atau kantor Anda.

6. IP Address

IP (Internet Protocol) Address adalah suatu deretan bilangan biner dengan kisaran antara 32-bit hingga 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi bagi komputer yang terhubung dengan jaringan internet.

IP Address dianggap sebagai alamat protokol publik apabila suatu rentang alamat IP disediakan untuk kepentingan penggunaan pribadi oleh suatu kelompok pengguna internet. Sedangkan IP address biasanya diatur untuk penggunaan privat agar keamanan jaringan dapat lebih ditingkatkan dan tidak dapat digunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

7. URL

URL merupakan singkatan dari Uniform Resource Locator. URL dapat didefinisikan sebagai serangkaian karakter dengan standar format tertentu yang digunakan sebagai alamat untuk menuju ke suatu halaman internet tertentu seperti website, blog atau gambar.

URL biasanya memuat informasi mengenai host komputer yang akan diakses serta nama dokumen dan jenis protokol yang akan digunakan ketika mengakses halaman web.

8. World Wide Web (WWW)

WWW adalah suatu akses informasi yang biasa digunakan oleh URL untuk mengidentifikasi berbagai konten yang terdapat di internet. Konsep www pertama kali dikembangkan pada tahun 1989 oleh Berners dan Lee pada tahun 1991.

Kedua rekan ini pada awalnya hanya ingin membuat sistem untuk merapikan arsip-arsip pentingnya. Namun ternyata sistem yang dibuat Berners dan Lee berhasil menghubungkan berbagai arsip terkait dan mulai menjelma menjadi cikal bakal web modern seperti saat ini.

Leave a Reply

TOP